Apakah Penyakit Hidrosefalus Dapat Disembuhkan ?

Apakah Penyakit Hidrosefalus Dapat Disembuhkan ?


Apakah Penyakit Hidrosefalus Dapat Disembuhkan ? – Penyakit Hidrosefalus merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Bagaimana tidak ? Penyakit ini dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kesakitan yang luar biasa pada bagian kepala, mengalami pembesaran pada bagian kepala.

Pemicu hidrosefalus belum diketahui dengan jelas, tetapi secara umum penyakit hidrosefalus dapat disebabkan oleh cacat genetik, perdarahan pada janin sebelum kelahiran, infeksi pada ibu seperti toksoplasma atau sifilis, atau cacat lahir seperti spina bifida. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak atau bahkan dapat menyerang pada orang dewasa.

Untuk dapat sembuh dari penyakit ini beberapa dokter akan menyarankan Anda Untuk melakukan tindakan operasi pemasangan Shunt, Shunt ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan cairan yang ada di dalam kepala dengan cara memasukan sebuah tabung fkeksibel untuk membantu mengalirkan cairan ke bagian tubuh lain.

Pengobatan dengan cara operasi pemasangan Shunt bukan tanpa resiko. Resiko pun selalu membayangi disetiap melakukan operasi. Resiko yang akan muncul jika melakukan pemasangan Shunt antara lain : infeksi tambahan termasuk yang melibatkan luka bedah, kerusakan shunt, pendarahan ke dalam otak atau ventrikel dan kejang.

Namun, Apakah Penyakit Hidrosefalus Dapat Disembuhkan ? Setelah melakukan operasi itu ?

Penyakit Hydrocephalus dapat disembuhkan jika terdiagnosis lebih dini dan dilanjutkan dengan tindakan bedah secepatnya.

Keterlambatan pengobatan akan menyebabkan kecacatan dan kematian penderita. Tindakan bedah dilakukan dengan pemasangan selang pintasan yang menghubungkan rongga kepala dan rongga perut sebagai tempat pembuangan akhir cairan otak yang berlebihan. Selang tersebut ditanam di bawah kulit sehingga tidak terlihat dari luar. Bagaimana mencegah Hydrocephalus?

Hydrocephalus dapat dan tidak dapat dicegah, namun dapat dikurangi risikonya dengan cara :

  • Memeriksakan kandungan secara teratur ke dokter atau bidan terdekat.
  • Menjaga kesehatan dan gizi ibu hamil.
  • Merencanakan kehamilan dengan baik dengan menjaga kesehatan dan mendapatkan vaksinasi sebelumnya agar tidak terkena infeksi saat mengandung.
  • Untuk itu bagi Anda orang tua segera lakukan pemeriksaan dini untuk mencegah dan menghindari terkena penyakit hidrosefalus dan solusi terbaik mengatasi hidrosefalus yang anak atau bahkan Anda derita.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Pengobatan Hidrosefalus Tradisional.

Apakah Penyakit Hidrosefalus Dapat Disembuhkan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *