Bentuk Dan Ukuran Kepala Bayi Hidrosefalus

Bentuk Dan Ukuran Kepala Bayi Hidrosefalus

Bentuk Dan Ukuran Kepala Bayi Hidrosefalus –┬áJika Anda mendengar kata hidrosefalus yang terbayang di kepala Anda adalah kepala seorang bayi yang berukuran besar dengan tubuh lemahnya yang tergolek lemah. Hidrosefalus memang paling mudah dilihat secara kasat mata pada bayi, ini karena terjadi nya penambahan volume cairan di kepala bayi. Kondisi hidrosefalus pada bayi dapat menyebabkan kepala bayi berukuran sangat besar dan menyebabkan tumbuh kembang pada anak terganggu.

Pada kondisi normal di kepala akan diproduksi cairan cerebrospinal yang banyak berfungsi dalam metabolisme otak, diantaranya untuk membersihkan zat-zat sisa di otak dan memberi makanan ke sel-sel otak. Karena terjadi nya sumbatan akibat tumor, kekeruhan akibat infeksi, produksi yang terlalu banyak, akan terjadi penumpukan cairan serebrospinal di kepala. Penumpukan cairan ini dikenal sebagai hidrosefalus.

Baca juga : Obat Hidrosefalus Tanpa Operasi

Hidrosefalus akan menyebabkan lingkar kepala anak membesar bahkan sampai ukuran ekstrem, tetapi pembesaran bersifat abnormal sehingga fungsi otak tertekan. Lalu, seberapa besar ukuran dari penderita hidrosefalus ? mari kita cari tahu…

Bentuk Dan Ukuran Kepala Bayi Hidrosefalus

Ukuran lingkar kepala berkaitan dengan volume otak. Bila ukuran lingkar kepala si bayi tak pernah dipantau secara rutin, maka dokter dan orang tua tak akan pernah tahu apakah ukurannya normal atau tidak. Ukuran lingkar kepala bayi dan anak memang berbeda-beda pada setiap individu.

Pengukuran kepala dilakukan memakai skala Nellhaus. Pada umunya ukuran lingkar kepala normal sekitar 30 sampai 37 cm. Pertumbuhan lingkar kepala akan bertambah 2 cm setiap bulan pada usia 0-3 bulan. Pada usia 4-6 bulan akan bertambah 1 cm per bulan, dan pada usia 6-12 bulan pertambahannya 0,5 cm per bulan.

Sampai usia 5 tahun biasanya sekitar 50 cm. Usia 5-12 tahun hanya naik sampai 52-53 cm setelah usia 12 tahun akan menetap tidak akan membesar lagi.

Lalu bagaimana dengan penderita hidrosefalus ?

Seseorang yang lahir dengan hidrosefalus memiliki bentuk dan ukuran kepala yang berbeda atau lebih besar dari rata – rata. Kondisi ini terjadi akibat dari kelebihan cairan di otak. Hal ini yang menyebabkan kepala dari penderita hidrosefalus lebih besar dan bahkan memiliki bentuk dan uikuran yang ekstrem.

Post by Pengobatan Hidrosefalus Tradisional

Bentuk Dan Ukuran Kepala Bayi Hidrosefalus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *