Penyebab Hidrosefalus Pada Orang Dewasa

Penyebab Hidrosefalus Pada Orang Dewasa

Penyebab Hidrosefalus Pada Orang Dewasa, – Tahukah Anda ? Bahwa penyakit hidrosefalus merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan sangat mengganggu kesehatan tubuh dan tumbuh kembang seorang anak. Namun, Tidak hanya dapat terjadi pada seorang anak bahkan penyakit ini dapat menyerang pria dewasa dan dan bahkan manula sekalipun.

Hidrosefalus sendiri adalah suatu kondisi dimana ada kekurangan pembentukan CSF (cairan serebrospinal) pada rongga (ventrikel) otak. Penumpukan ini sering disebabkan oleh penyumbatan yang mencegah drainase cairan yang tepat. Penumpukan cairan dapat meningkatkan tekanan intrakranial di dalam tengkorak yang memanfaatkan jaringan otak di sekitarnya, yang kemungkinan menyebabkan pembesaran kepala, konvulsi, dan kerusakan otak yang progresif.

Menurut data yang disampaikan oleh kementerian Kesehatan RI, mengatakan bahwa “jumlah penderita hidrosefalus sebanyak 14.216 – 18.955.” Ekonomi menjadi faktor utama yang menjadi kendala untuk melakukan pengobatan penyakit hidrosefalus ini.

Cairan serebropspinal ini memiliki fungsi untuk membersihkan limah yang berasal dari metabolisme otak, melindungi otak dari cedera, menjaga agar otak tetap mengapung pada posisinya, dan mencegah terjadinya perubahan tekanan  pada otak.

Setiap harinya jaringan pelapis otak secara rutin memproduksi cairan serebrospinal. Cairan yang sudah tidak terpakai kemudian dibuang dari tubuh setelah diserap oleh pembuluh darah.

Meski bermanfaat bagi kesehatan otak, cairan serebrospinal bisa menjadi merugikan otak ketika jumlah cairan yang diproduksi lebih besar dibandingkan dengan yang dibuang. Inilah yang disebut sebagai hidrosefalus, yaitu meningkatnya volume cairan serebrospinal di dalam otak.

Beberapa pemicu terjadinya hidrosefalus, antara lain :

  • Buruknya mekanisme penyerapan cairan akibat radang atau cedera pada otak.
  • Terhambatnya aliran cairan serebrospinal akibat kelainan pada sistem saraf.
  • Pendarahan di dalam otak.
  • Tumor otak.
  • Cedera parah di kepala.
  • Penyakit stroke.

Untuk menghindari dari penyakit hidrosefalus, Anda perlu untuk waspada dan ke hati hatian untuk melakukan segala aktivitas yang dapat menjadi penyebab terjadinya hidrosefalus pada Anda.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Pengobatan Hidrosefalus Tradisional 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *